Halaman

Jumat, 01 Oktober 2010

[2 Oktober 2010] Hari Batik Nasional

2 Oktober 2010, Ketua umum PAN (Partai Amanat Nasional)Soetrisno Bachir mengusulkan kepada pemerintah agar hari ini di jadikan sebagai hari batik nasional. Usulan tersebut terkait pengakuan badan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang menangani budaya, khususnya UNESCO, bahwa batik merupakan warisan budaya Indonesia yang patut untuk di lestarikan.
Pengakuan UNESCO tersebut disampaikan pada 28 September lalu. Rencananya, UNESCO akan menyampaikan secara resmi batik sebagai warisan budaya Indonesia pada 2 Oktober di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Menanggapi hal tersebut, Soetrisno yang juga seorang pengusaha batik asal Pekalongan menyambut gembira atas berita tersebut.
“UNESCO saja mengakui batik sebagai kekayaan asli budaya bangsa Indonesia. Kita sebagai bangsa Indonesia harusnya bangga dan semakin mencintai batik. Ini membuktikan bahwa batik merupakan warisan budaya kita. Bukan punya bangsa lain dan tidak bisa diklaim bangsa lain," ujar Soetrisno dalam siara pers yang diterima Tempo, Rabu (30/9.
Menurut Soetrisno, adanya pengakuan UNESCO ini akan menimbulkan kebanggaan sekaligus meningkatkan rasa nasionalis bangsa Indonesia. Pengakuan tersebut Juga diharapkan menggairahkan kembali industri perbatikan di daerah-daerah.


Kalau banggsa lain saja bangga dengan batik indonesia, mengapa kita tidak ???
Sebagai bangsa indonesia sendiri, kita harus menjaga dan melestartikan serta menggunakan batik, dalam acara apapun.
Batik jangan hanya cuma di pakai pada saat-saat ada acara pernikahan, banyak ragam tipe,dan corak dari batik. Saya turut prihatin dengan mode atau trend anak muda masakini, karena sudah mengikuti trend dari negara lain.

Contoh Kain Batik :



Sumber : Koran Tempo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar